Minggu, 17 Februari 2013

PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA AKAN SELENGGARAKAN LOMBA BERCERITA BAGI SISWA SD SE-KOTA YOGYAKARTA


Budaya lisan masih kental dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, tak terkecuali anak-anak. Pada usia sekolah dasar, dimana rasa keingintahuan sedang mengalami taraf perkembangan, dengan memberikan informasi yang tepat melalui buku bacaan yang bermutu akan memberikan dampak yang baik bagi perkembangan budi pekerti anak. Bermula dari ketertarikan akan sebuah buku, siswa akan terus mencari sumber informasi yang dibutuhkan dari buku lain, selanjutnya akan menceritakan apa yang dibacanya kepada teman atau siswa yang lain, sehingga nantinya juga akan merangsang teman tersebut untuk ikut serta membaca dan menceritakan kembali kepada teman atau siswa lainnya, demikian seterusnya.

Dengan demikian tanpa sadar dengan bercerita dapat turut serta ‘menularkan’ kebiasaan membaca siswa dan mendorong pertumbuhan budaya baca. Pertumbuhan budaya baca siswa dapat didorong dengan penyediaan bahan bacaan yang bermutu dan menarik minat siswa. Bahan bacaan yang baik dan bermutu adalah bahan bacaan yang mampu memberikan manfaat bagi perkembangan mental, moral dan mengandung unsur pendidikan karakter siswa. Bahan bacaan seperti buku cerita rakyat nusantara, buku cerita kepahlawanan dapat memberikan manfaat dalam membangun karakter anak dan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme siswa yang dewasa ini semakin pudar. 

Dalam rangka mengembangkan minat dan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan, cinta tanah air serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, Perpustakaan Kota sebagai bagian dari Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Yogyakarta menyelenggarakan sebuah Lomba bercerita bagi siswa SD se-Kota Yogyakarta Tahun 2013 dengan materi cerita diambil dari buku cerita rakyat nusantara dan atau buku cerita kepahlawanan. 

Lomba dengan tema “Tumbuhkan Gemar Membaca dan Kecintaan Tanah Air dengan Cerita untuk Negeri” diperuntukkan bagi siswa/siswi Sekolah Dasar kelas 4 dan atau 5, perwakilan dari Sekolah Dasar (SD) baik negeri maupun swasta yang berada di wilayah Kota Yogyakarta. 

Pendaftaran akan dilayani mulai tanggal 11 hingga 26 Februari 2013 di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta, Jl. Suroto No. 09 Kotabaru, Yogyakarta, Telp. 0274 511314, jam 08.00 – 15.00 WIB. 
Adapun pokok-pokok pelaksanaan lomba dan formulir pendaftaran dapat di download disini
Lomba bercerita akan diselenggarakan dalam dua tahap, babak penyisihan, pada tanggal 5-7 Maret 2013 dan babak final, tanggal 23 Maret 2013 yang dibagi dalam dua kategori, yakni kategori putra dan kategori putri, dimana dari masing-masing kategori akan dipilih 5(lima) peserta terbaik sebagai Juara I, II, III dan Harapan I, II untuk memperebutkan hadiah berupa trophy, sertifikat dan bingkisan menarik. 

Bagi pemenang lomba, terutama Juara I akan dipromosikan ke lomba sejenis jenjang berikutnya. Lomba bercerita ini berjenjang dari tingkat kabupaten/kota hingga tingkat nasional. Diharapkan dengan adanya lomba bercerita ini, disamping meningkatkan minat dan gemar membaca siswa juga dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme siswa.

sumber gambar : yesfmcilacap.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar