Senin, 16 Juli 2012

Hunting Buku

Bulan bulan yang galau. Kesana kemari cari referensi untuk melengkapi teori-teori tugas akhir skripsi.  Maklum, masih newbie pake banget tentang Orchidaceae ini. Masih awam tentang tanaman anggrek, belum tau apa-apa ehh ujug-ujug dijadiin skripsi aja nih. Berbalik 360 derajat, dari rencana awal 'tuk nge-Lab dan akhirnya berpaling ke bau-bau lapangan. Aku akan mencintainya dan pasti mencintainya. Hahaha..

Balik ke cari-cari referensi. Sebenarnya banyak sih buku tentang anggrek, tapi kebanyakan mengenai budidaya anggrek, kultur jaringan dan rata-rata tentang anggrek hibrida. Padahal kan penelitianku tentang anggrek spesies. Beberapa buku sudah masuk di rak buku, ada Flora of Java, Hand Out Anggrek Spesies dari  dosen UGM, soft-file Panduan Karakterisasi Anggrek dari Dinas Pertanian, dan soft-file Fragrant Orchid, serta beberapa buku kupinjam dari perpus.

Download jurnal tentang penelitian observasi anggrek dijabanin tiap malam, cari-cari tentang pelatihan anggrek via inet eh Alhamdulillah dapat di dua tempat. Di UGM tentang cara kultur anggrek, dan di Titi Orchid tentang budidaya anggrek. Ah sayang beribu sayang, UGM hanya menerima segelintir orang, dan saya tidak diterima. Sedangkan di Titi Orchid pelatihan ditunda karena ownernya sakit, menunggu ada pengumuman selanjutnya. Sedih :( .

Hunting dari situs ke situs lain sementara ini kujabanin tiap hari (ceritanya jadi orang sibuk, jarang keluar). Akhirnyaa tarrraaa,, ketemu situs moons-orchids, pemiliknya bernama Ibu Mazna Hashim. Ternyata beliau juga lagi nerbitin buku yang berjudul 1001 spesies anggrek yang tumbuh dan berbunga di Indonesia. Belum rilis di toko buku sih, rencananya September. Kalau misal pre-order, akan dikirim 13-15 Juli free ongkir. Yupz, akhirnya kukontak nomor hp yang tertera dan menanyakan prosedur plus biayanya. Dua ratus sepuluh ribu, bukan harga yang murah bagiku dengan uang saku pas-pasan, tapi termasuk murah jika dibandingkan proses penuangan ide dan ilmu di buku itu.
Alhamdulilllah, dapet IMF buat beli buku itu. Daripada beli Orchid of Java-nya Comber yang ongkos kirimnya 100 persen dari harga bukunya, bisa-bisa aku cuti semester ini. Hahaha.. Tapi, bukunya Comber harus bisa dapet, walo pinjem yang penting ilmunya kan.. ^^ 

Cover depan
Cover belakang

Isi 


1 komentar: